Tidak Punya Pengalaman, Bagaimana Caranya Kerja di Luar Negeri?

Admin,
11 Januari 2022 - 17:26

Memiliki keinginan untuk bekerja di luar negeri harus siap meninggalkan zona nyaman. Kesiapan jauh dari keluarga dan apapun di tempat asal merupakan hal yang perlu dipikirkan matang-matang. Kendati demikian, jika telah berhasil menaklukkan negara orang, maka Anda akan berhasil secara finansial juga.

Mencari pekerjaan di luar negeri terbilang cukup mudah daripada di dalam. Sekalipun belum memiliki pengalaman sama sekali, namun skill atau kemampuan bisa jadi andalan.

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan pekerjaan di luar negeri tanpa pengalaman? Simak ulasannya berikut ini!

  • Berpikiran terbuka

Seringkali mereka berpikir bahwa dunia kerja di luar negeri berbanding terbalik dengan kehidupan di sana nanti. Pemikiran seperti haruslah ditepis karena masing-masing pekerjaan memiliki nilai positif dan negatif.

Tidak dapat dihindari bahwa kurangnya pengalaman membatasi dalam memilih pekerjaan. Namun demikian, ada banyak pekerjaan paruh waktu, mulai dari kasir supermarket, pelayan kafe, bartender, guide tour dan masih banyak lagi lainnya. Maka, Anda harus berpikiran terbuka terlebih dahulu untuk memudahkan menjelajah antara pekerjaan satu dengan lainnya. Membuka diri dengan hal-hal baru justru akan memudahkan.

  • Jadi sukarelawan

Sementara belum mendapatkan pekerjaan tepat, beberapa negara bekerja sama dengan Indonesia untuk mengirimkan sukarelawan. Mereka harus melalui proses seleksi baik di dalam dan luar negeri. Adapun persyaratan yang biasanya diajukan yakni kemampuan berbahasa asing.

Para relawan nantinya disebar ke berbagai bidang, baik pendidikan, sosial, hingga lingkungan. Selain dijamin dengan beragam fasilitas, seperti tempat tinggal, transportasi hingga konsumsi, para relawan juga mendapatkan kompensasi. Ditambah pula pengalaman berharga sebelum masuk ke dunia kerja sesungguhnya.

  • Bangun kepercayaan

Proses rekrutmen sangat melelahkan dan seringkali lama. Anda harus melalui beberapa tahapan, mulai dari administrasi, wawancara, dan kemampuan. Oleh sebab itu persiapkan sebaik mungkin dan asah skill yang dimliki. Bangun kepercayaan dan rasa kompeten, sehingga mereka bisa memperhitungkan.  

  • Manfaatkan keterampilan yang dimiliki

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda. Sementara Anda tidak memiliki gelar sarjana, tunjukkan skill lain yang bisa memikat calon bos, baik itu mengajar, bernegosiasi, mengurus urusan rumah tangga, manajemen, dan lain sebagainya. Dengan demikian, manfaatkan sebaik mungkin keterampilan tersebut guna sebagai bekal merantau di negara orang.

Meraih kesuksesan itu merupakan proses. Maka tidak ada salahnya bila berjalan dari bawah untuk mendapatkan apa yang diimpikan.

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp